Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menhub Ungkap Upaya Antisipasi Lonjakan Pergerakan di Pelabuhan

  • Oleh ANTARA
  • 22 Desember 2021 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah upaya antisipasi agar tidak terjadi penumpukan penumpang maupun kendaraan, khususnya di pelabuhan.

Menhub mengatakan, berkaca pada tahun lalu, puncak mobilitas pada masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 diperkirakan terjadi pada tanggal 23 dan 24 Desember.

"Untuk mengantisipasi kepadatan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, antisipasi pertama yaitu perlu memperbanyak jumlah petugas yang berjaga," kata Budi Karya dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Menhub menjelaskan, upaya selanjutnya adalah mengoptimalkan e-ticketing dan menyiapkan antisipasi jika terjadi masalah dan harus menggunakan tiket manual.

Selanjutnya, mengoptimalkan pergerakan kapal untuk mencegah terjadinya kerumunan.

"Karena ada pembatasan kapasitas penumpang, tentunya perlu mengoptimalkan kapal yang beroperasi agar headway-nya (waktu tunggu kedatangan) menjadi lebih singkat,” ujarnya.

Selain antisipasi lonjakan penumpang, Menhub juga menyoroti aspek keselamatan.

Sejumlah hal yang harus diperhatikan terkait aspek keselamatan yaitu memastikan ramp check kelaikan kapal dilaksanakan dengan baik, memastikan kendaraan dilasing (diikat), dan melarang angkutan barang yang Overdimension Over Loading (ODOL) masuk ke dalam kapal.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy selaku koordinator penanganan masa libur Natal dan Tahun Baru menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi yang telah dikoordinasikan dengan Kementerian/Lembaga terkait, agar pengetatan prokes berjalan baik dan mobilitas terkendali, sehingga diharapkan tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai libur.

“Saya ingin memastikan koordinasi yang sudah dilakukan dapat berjalan baik di lapangan. Untuk itu, fasilitas vaksinasi, tes antigen, ruang isolasi bagi penumpang yang bergejala perlu disiapkan dengan baik,” kata Muhadjir.

Berita Terbaru