Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Desa Benangin I Fasilitasi Mediasi Sengketa Lahan Warga dengan PT BEK

  • Oleh Ramadani
  • 31 Desember 2021 - 22:50 WIB

BORBEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Desa Benangin I Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara menggelar mediasi sengketa lahan antara warga Benangin I dengan PT Bharinto Ekatama (BEK), Jumat 31 Desember 2021.

Tampak hadir dalam mediasi Camat Teweh Timur, Danramil 1013-04/Teweh Timur, Kapolsek Teweh Timur, Sekcam teweh timur, Pimpinan PT.Bharinto Eka Tama, Kasi trantib teweh timur, Kanit intel teweh timur, Pihak pengamanan Brimob Polda Kalteng dan TNI, Ketua Damang Teweh Timur, Kepala desa benangin 1, ketua bpd benangin 1,2, dan Tokoh masyarakat benangin 1 serta warga pemilik lahan.

Kepala Desa Benangin I, Yudi Hartono mengatakan, pihaknya melakukan mediasi ini mencari solusi dan jalan keluar atas sengketa antara warga dan pihak perusahaan, sehingga keduanya dapat berjalan tanpa ada yang dirugikan.

"Kami mediasi mengacu pada aturan yang berlaku, sehingga semua diharapkan dapat berjalan dengan lancar," terangnya.

Yudi juga mengatakan, keberadaan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang turut hadir dalam mediasi sangat membantu dalam kelancaran tugasnya untuk menyelesaikan konflik lahan yang muncul di tengah masyarakat di kampungnya agar permasalahan tersebut tidak masuk di ranah hukum.

Sementara itu, Danramil 1013-04/Teweh Timur Lettu Inf Jinal mengungkapkan bahwa dengan banyaknya kasus-kasus sengketa tanah dan lahan yang ditemui di daerah binaannya diharapkan selalu membantu penyelesaian konflik tanah di masyarakat dapat berjalan dengan baik tanpa masuk ke ranah hukum serta tentunya tanpa ada kekerasan yang akan merugikan kedua belah pihak. 

“Kita juga berharap kerjasama masyarakat bersama Babinsa beserta unsur terkait lainnya dalam penyelesaian masalah ini, supaya mudah untuk mencari jalan penyelesaian yang terbaik,” harapnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru