Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemunculan Bunga Bangkai Diharapkan Jadi Daya Tarik Masyarakat Kunjungi Desa Runtu

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 Januari 2022 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kemunculan Bunga Bangkai yang ada di Rt 4, Desa Runtu, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), semoga menjadi daya tarik masyarakat untuk menyaksikan dan berkunjung ke Desa Runtu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Runtu Juhlian Syahri, bahwa ia merasa bangga karena jenis tanaman yang langka bisa tumbuh besar di desanya.

"Silahkan bagi masyarakat Kobar khsusunya yang ingin melihat langsung Bunga langka ini, datang saja ke desa kami," kata Juhlian Syahri, kepada Borneonews, Sabtu, 1 Januari 2021.

Ia mengungkapkan, bahwa beru pertama kali melihat langsung Bunga Bangkai tersebut. Sebelumnya hanya mendengar dan melihat fotonya saja, namun kini bisa melihat langsung.

"Selama saya disini ini baru pertama kalinya tumbuh dan saya juga baru pertama melihatnya," tuturnya.

Terpisah, Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun Dendi Setiadi menambahkan, bahwa telah meneruskan tim untuk melihat langsung ke lokasi. Menurutnya bunga bangkai tersebut belum mekar sempurna dan tergolong suku talas-talasan.

"Bunga dengan bentuk seperti itu sebenarnya banyak populasinya di Sumatera. Kemungkinan besar ini spesies lain dari Bunga Bangkai," jelasnya.

Dendi menjelaskan, bahwa bunga tersebut termasuk dilindungi dan masuk dalam apendik I  red lis IUCN, dan dilindungi UU. Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar turut serta menjaganya.

"Diharapkan masyarakat ikut juga melestarikan alam, karena sudah banyak alih fungsi lahan. Mari kita sama - sama menjaga lingkungan," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru