Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kasongan Diimbau Tak Buang Sampah Sembarangan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Januari 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga Kabupaten Katingan termasuk di Kota Kasongan diimbau agar tidak membuang sampah secara sembarangan. 

Imbauan ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Katingan Hap Bapperdo melalui Kepala Bidang atau Kabid Pengelolaan Sampah, Kebersihan dan Limbah B3, Irwanto Thomas saat memimpin gotong royong sejumlan ASN dan tenaga kebersihan di ruas Jalan Soekarno - Hatta Kasongan, Jumat, 14 Januari 2022.

Ya, hari ini para ASN Dinas Lingkungan Hidup Katingan bersama puluhan tenaga kebersihan bergotong royong membersihkan sampah. Ada dua sasaran yang menjadi pusat gotong royong ini, yaitu di lingkungan Kantor DLH dan Jalan Soekarno-Hatta atau Depag.

Puluhan petugas kebersihan bersama sejumlah ASN DLH memungut berbagai sampah an organik seperti plastik yang berserakan mulai dari muara Jalan Soekarno-Hatta sampai muara Jalan Strowberi.

Padahal, belum lama ini petugas kebersihan juga gotong royong membersihkan sampah di kanan kiri jalan tersebut. Namun karena kembali banyak berserakan, pihak DLH Kayingan kemudian mengerahkan petugas kebersihan untuk membersihkan sampah di seputaran  ruas jalan itu.

Sejauh ini di samping kanan dan kiri ruas Jalan Soekarno-Hatta Kasongan yang menghubungkan beberapa wilayah kecamatan di bagian hulu seperti Tumbang Samba dan Tumbang Sanamang mulai banyak bangunan yang sebagian besar adalah tempat usaha, seperti sembako dan lainnya termasuk warung makanan dan minuman.

Arus lalulintas di ruas jalan ini setiap hari juga tampak ramai, baik roda dua, empat maupun kendaraan bertonase besar lainnya. Dengan aktivitas masyarakat yang bertambah ramai, sehingga tidak jarang di bahu kanan kiri jalan tersebut berserakan berbagai jenis sampah.

Teriait ini, Kabid Pengelolaan Sampah, Kebersihan dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Katingan, Irwanto Thomas mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Menurutnya, hari ini pihaknya mengumpulkan sampah di bahu kanan kiri Jalan Soekarno-Hatta. "Saya menginbau kepada masyarakat Kabupaten Katingan terutama yang tinggal di seputaran Jalan Soekarno-Hatta ini atau yang tidak tinggal di sini atau orang yang melintasi daerah ini supaya memperhatikan bahwa sampah yang ada di kanan kiri jalan ini adalah suatu pemandangan yang tidak baik, tidak elok untuk itu jangan membuang sampah sembarangan," imbuhnya.(ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru