Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Diharapkan Perhatikan Fasilitas Penunjang Perpusda

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Januari 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh berharap, pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota dapat memperhatikan fasilitas penunjang perpustakaan daerah (Perpusda) yang ada di daerahnya masing-masing.

Menurutnya, keberadaan perpusda sangat penting dan merupakan salah satu fasilitas publik yang berperan untuk menunjang peningkatan sumber daya manusia (SDM) di suatu daerah khususnya Kalteng.

"Ada banyak yang bisa didapatkan di perpusda untuk mempelajari berbagai sejarah. Terlebih lagi perkembangan zaman yang sangat cocok sekali bagi semua kalangan dalam menambah pengetahuan," kata dia, Sabtu, 15 Januari 2022.

Oleh karenanya, sebut dia, pemda di Kalteng ini jangan sampai mengabaikan hal tersebut, sehingga di provinsi ini kedepan akan banyak tercipta SDM yang lebih maju dan berdaya saing dengan provinsi lainnya.

"Kita ketahui sendiri perpusda ini sangat berkaitan erat dengan dunia pendidikan. Karena sama-sama sebagai tempat menimba ilmu. Jadi fasilitas perpusda pun sangat perlu dikembangkan dengan baik," jelasnya.

Dia menerangkan dalam mengembangkan perpusda di Kalteng perlu mencontohkan perpusda yang ada di provinsi lain, salah satunya yang dimiliki oleh Pemkot Malang, Provinsi Jawa Timur.

Diungkapkannya saat melaksanakan kunjungan kerja dan berkunjung ke perpusda daerah tersebut beberapa waktu lalu, ia melihat kondisinya sangat mengagumkan. Perpusda tersebut memiliki aplikasi seperti Go-Book dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

"Mereka juga mempunyai ruangan khusus untuk memproduksi buku, jadi ini bisa dicontoh. Harapan kita kedepan Kalteng bisa memiliki perpusda yang sama baiknya seperti yang ada di Pemkot Malang itu," imbuhnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru