Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Penyelesaian Lahan Harus Diaktifkan Lagi

  • Oleh Naco
  • 21 Januari 2022 - 12:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Sutik meminta agar Pemkab Kotim mengaktifkan lagi tim penyelesaian sengketa dan konflik antara masyarakat dan perusahaan perkebunan. 

Langkah ini dirasa sangat penting sebab belakangan ini konflik dengan dunia investasi seakan-akan tidak pernah ada selesainya.

“Harusnya diaktifkan kembali tim penyelesaian yang dulu pernah dijadikan sebagai wadah untuk penyelesaian persoalan sengketa baik itu antara warga dengan perusahaan perkebunan maupun sebaliknya,” kata Sutik, Jumat, 21 Januari 2022.

Politisi Partai Gerindra ini menyebutkan konflik dengan masyarakat di Kotim itu memang harus diakhiri, karena ini akan jadi besar jika dibiarkan.

Karena dia melihat persoalan utama yakni mengenai ganti rugi lahan masyarakat yang tergarap hingga kewajiban plasma20 persen tersebut belum bisa dituntaskan.

“Kalau melihat dari persoalannya memang susah-susah gampang,  namun ketika dibawa dalam penyelesaian duduk bersama pasti ada solusinya," tukasnya.

Terkait masalah-masalah yang belum ada penyelesaiannya ini harus dicari benang merahnya oleh tim yang dibentuk tersebut.

Sutik menyebutkan kenyamanan investasi di daerah merupakan hal yang selalu jadi indikator para investor masuk. 

Sayangnya konflik dengan masyarakat yang selalu menghiasi persoalan daerah itu yang menganggu api investasi di daerah ini.

"Karena tidak sedikit juga saya melihat investor di daerah kita ini memang taat aturan, CSR mereka jalan, program lingkungan mereka sesuai bukan yang asal angkut hasil saja dari tempat kita,” tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru