Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolresta Palangka Raya: Tak Semua Personel Diizinkan Pegang Senpi Dinas

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 27 Januari 2022 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kapolresta Palangka Raya Kombes Budi Santosa mengatakan bahwa tidak semua personel diizinkan untuk memegang senjata api (Senpi) dinas.

Hal ini ditegaskan Budi saat menghadiri pemeriksaan Senpi dinas personel di ruangan seksi Propam l usai apel di Polresta Palangka Raya, Kamis 27 Januari 2022.

Budi mengatakan Senpi dinas yang dipegang anggota Polri berfungsi untuk melindungi masyarakat ketika personel menjalankan tugas menjaga Kamtibmas. Dalam rangka itulah, pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas digelar oleh Polresta Palangka Raya.  

“Kita tahu tidak semua personel diizinkan untuk memegang Senpi dinas. Personel yang memegang senpi dinas harus memenuhi syarat dan kriteria khusus sebagaimana yang telah ditentukan,” jelasnya.

Pengecekan dan pemeriksaan tersebut meliputi kelengkapan surat menyurat dan administrasi, kebersihan, amunisi serta kondisinya apakah masih layak pakai atau tidak.

"Tujuannya untuk memastikan senjata api dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan lengkap, kondisi baik dan terawat serta tidak disalahgunakan," ujarnya.

Anggota Polri yang memegang senpi dinas harus memenuhi beberapa syarat antara lain dinyatakan sehat dan lulus tes psikologi serta mempunyai mental kepribadian yang baik. 

"Selain itu personel yang mendapat prioritas memegang senpi pinjam pakai adalah mereka yang bertugas di bidang operasional," pungkasnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-6)

Berita Terbaru