Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Desa di Kecamatan Dusun Timur Sudah Posting APBDes Siskeudes

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Januari 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Seluruh desa di Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur telah melakukan posting APBDes. Posting adalah kegiatan untuk menerbitkan APBDes yang sudah diinput ke dalam aplikasi sistem keuangan desa atau Siskeudes.

"Kami dapat jadwal posting mulai tanggal 21 Januari dan kemarin tanggal 27 semua (16 desa) sudah selesai posting. Ini sesuai dengan arahan bupati karena kita ingin cepat sehingga bulan Februari Dana Desa sudah bisa dicairkan," ungkap Camat Dusun Timur Ristanto Pratomo, di kantornya, Jumat, 28 Januari 2022.

Dia menjelaskan, posting APBDes pada aplikasi Siskeudes merupakan tahapan yang harus dilakukan sebelum proses lebih jauh. Tahapan posting dilakukan setelah semua tahapan perencanaan dan penginputan penganggaran selesai dilakukan.

"Posting anggaran dalam aplikasi Siskeudes berfungsi untuk mengunci penganggaran agar tidak mudah diutak-atik atau diubah oleh operator atau pihak lain," jelas Camat.

Posting APBDes Siskeudes, lanjut dia, juga menjadi syarat untuk untuk tahap pengajuan pencairan Dana atau DD Desa maupun Alokasi Dana Desa atau ADD.

Dengan rampungnya proses posting APBDes Siskeudes pada 16 desa yang ada di wilayah yang dipimpinnya, Ristanto berharap tahapan selanjutnya akan berjalan dengan lancar.

"Nanti kalau sudah pencairan prioritas utama desa adalah penyaluran BLT DD (bantuan langsung tunai dana desa) sehingga perekonomian masyarakat di desa bergerak karena ada perputaran uang di desa," ujarnya. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru