Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Ketua DPR Dorong UMKM Luaskan Jaringan Pemasaran

  • Oleh ANTARA
  • 05 Februari 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mendorong para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, untuk memperluas jaringan pemasaran.

Menurut Gus Muhaimin, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, perluasan jaringan pemasaran tersebut berpotensi mengoptimalkan kemajuan UMKM di Kabupaten Bandung yang dari segi kualitas produk sudah baik.

“Dari sisi kualitas, produk sudah sangat layak diadu di tingkat nasional ataupun internasional. Tinggal satu, pemasaran. Pemasaran membutuhkan keberanian. Pemasaran membutuhkan keterampilan. Karena itu, mari kita bahu membahu mengoptimalkan,” ujar dia.

Ia mengemukakan hal tersebut saat mengunjungi acara "Gelar Produk Industri Kecil Menengah (IKM)" dan peninjauan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bandung di Gedung Bale Rame, Kabupaten Bandung, Sabtu.

Dalam acara tersebut, ada 7.100 jenis produk yang dipamerkan dan merupakan hasil produksi masyarakat setempat.

“Saya bersyukur bisa melihat 7.100 produk UMKM Bandung yang luar biasa, mulai dari makanan, minuman, sampai pakaian. Ini luar biasa dan harus terus dikembangkan,” kata Gus Muhaimin.

Tidak hanya meninjau, ia menyempatkan diri mencicipi sejumlah produk UMKM di Kabupaten Bandung, seperti produk makanan dari Sumadira, Gobang Bude Golin, Ladaoi, berbagai pakaian, dan batik.

“Saya sudah mencoba semua. Semua kualitas dan kemasan sudah oke. Tinggal pemasarannya saja, jaringan pasar dan jaringan konsumen ini yang harus dikejar,” imbau Gus Muhaimin.

Ia sempat mencicipi kopi cokelat produk UMKM Bandung bermerek Coffee Bean. Menurutnya, masyarakat Indonesia, khususnya warga Kabupaten Bandung sepatutnya merasa bangga karena Coffee Bean telah diputuskan menjadi salah satu oleh-oleh bagi pemimpin negara-negara anggota G20.

“Ini kopi cokelat Coffee Bean sudah diputuskan menjadi salah satu pengisi goodie bag di acara G20 di Bali, yaitu pertemuan negara-negara maju 20 dengan para kepala negaranya yang akan datang. Selamat kepada Kabupaten Bandung, luar biasa,” ujar Gus Muhaimin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan bahwa kualitas produk UMKM tersebut tidak kalah dari produk-produk pabrik.

Ia mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bandung yang sungguh-sungguh mempertahankan eksistensi kuliner tradisional melalui pemberdayaan pelaku UMKM.

Terkait eksistensi UMKM di berbagai daerah, Gus Muhaimin memandang keberadaan usaha itu akan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah bersangkutan.

Bahkan, jika dikelola dengan baik, ujar dia, percepatan pertumbuhan ekonomi mampu berdampak pada perekonomian nasional.

ANTARA

Berita Terbaru