Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Lakukan Koordinasi Percepatan Pensertifikatan Tanah Wakaf

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Februari 2022 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kabupaten Kapuas melalui Penyelenggara Zakat dan Wakaf telah melaksanakan koordinasi ke Kantor ATR/BPN Kabupaten Kapuas.

Koordinasi tersebut dilakukan bertujuan untuk percepatan sertifikasi tanah wakaf yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas.

Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Sutrisno didampingi Staf Khairuddin diterima oleh Muhammad Andi Yhuniar selaku koordinator kelompok substansi penetapan hak dan ruang pada seksi penetapan hak dan pendaftaran BPN Kabupaten Kapuas.

Sutrisno menyampaikan data perkembnagan tanah wakaf di tahun 2022 yang belum bersertifikasi, sehingga maksud dari koordinasi ini untuk mempercepat proses sertifikasi tanah wakaf tersebut.

"Juga kami ingin mengetahui informasi tentang persyaratan dan validasi terbaru untuk kelengkapan administrasi pensertifiakt tersebut sesuai dengan standar BPN Kabupaten Kapuas," katanya, Selasa 8 Februari 2022.

Selain menyampaikan data tanah wakaf tahun 2022, pihaknya juga menanyakan informasi usulan sertifikasi tanah wakaf yang sudah di usulkan namun belum keluar sertifikatnya pada 2021.

"Hasilnya masih dalam proses diharapkan kepada nazhir untuk bersabar," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut Muhammad Andi Yhuniar menjelaskan sertifikasi tanah wakaf merupakan komitmen pemerintah dalam memastikan legalitas tanah wakaf sehingga aman dari potensi hilang atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

“Semua masalah yang dihadapi di lapangan berkenaan dengan tanah wakaf bisa dikonsultasikan secara musyawarah," ucapnya.

Dalam penyelesaian masalah tanah wakaf yang belum bersertifikat bisa dikonsultasikan dan Kementerian Agama akan selalu membantu  hingga terselesaikan bagi tanah wakaf yang belum turun usulannya. "Artinya masih dalam proses penyelesaian sertifikatnya," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru