Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebar Hoaks Perampokan, Seorang Ibu Berurusan di Polsek Hanau

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 09 Februari 2022 - 02:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Seorang ibu rumah tangga berinisial R harus berurusan dengan penyidik Polsek Hanau, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan lantaran menyebarkan berita bohong atau hoaks di media sosial Facebook.

Dalam status Facebook perempuan paruh baya ini menulis pemberitahuan agar berhati-hati bepergian ke mana-mana jika naik motor harus membawa teman di area Jalan Derangga menuju Pembuang Hulu baru terjadi perampokan dengan korban warga Desa Tanjung Hara.

Sontak status yang diunggah, Senin 7 Februari 2022 ini mencuri perhatian warganet, khususnya warga sekitar dan kabar ini pun terus menyebar diberbagai media sosial termasuk WA grup.

Jajaran Polsek Hanau tidak tinggal diam terkait hal ini dan langsung melakukan kroscek terkait kebenaran informasi yang beredar luas di masyarakat.

“Kami langsung bergerak untuk mengecek terkait kebenaran informasi yang beredar di media sosial dengan meminta keterangan dari yang di duga korban dan penyebar informasi di media sosial,” kata Kapolsek Hanau Ipda Ihsan Tio Basir, Selasa, 8 Februari 2022.

Dari keterangan yang didapat, ternyata kabar tersebut tidak benar atau hoaks. Hal ini berdasarkan keterangan langsung dari warga yang sebelumnya disebut sebagai korban perampokan.

“Kami sudah meminta keterangan langsung dari warga yang disebut sebagai korban perampokan dan ternyata kabar tersebut tidak benar," ungkapnya.

Kemudian terhadap penyebar berita bohong diminta oleh Polsek Hanau  untuk membuat pernyataan bahwa informasi yang disebarkan kepada masyarakat tidak benar dan hanya bohong belaka serta meminta untuk membuat video klarifikasi.

Basir berpesan kepada masyarakat agar lebih bijak dalam bermedia sosial dan jangan langsung menyebarkan berita di media sosial tanpa terlebih dahulu diketahui kebenaran informasinya. (FAHRUL/B-11)

Berita Terbaru