Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Diharapkan Dorong Penguatan Usaha Rakyat di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Februari 2022 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Sengkon berharap kepada pemerintah agar dapat mendorong penguatan usaha rakyat yang digeluti oleh masyarakat.

Sengkon mengatakan ada banyak usaha yang digeluti oleh masyarakat dan memerlukan dorongan dari pemerintah seperti halnya peternakan, perikanan, pertanian, UMKM, dan lain-lain.

"Penguatan usaha rakyat itu dapat dilakukan dengan beragam upaya seperti pengadaan alat pertanian, bibit, pakan, pupuk, dan juga modal melalui pinjaman dengan bunga ringan," kata dia, Rabu, 23 Februari 2022.

Dia menjelaskan pemerintah harus bisa membuat program yang bersifat baik bagi pengembangan usaha rakyat, sehingga akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, yang sejauh ini masih lesu karena pandemi Covid-19.

"Dengan adanya penguatan pada usaha rakyat tersebut tentu akan memberikan dampak positif juga bagi daerah, yakni mendorong kemandirian daerah dalam mewujudkan ketahanan pangan," sebutnya.

Dia melanjutkan dengan upaya penguatan yang dilakukan itu juga nantinya Kalteng tidak lagi menjadi daerah konsumtif namun bisa menjadi lebih produktif, sebab produk yang dihasilkan dapat didistribusikan atau dieskpor keluar daerah, sehingga akan berdampak terhadap peningkatan pendapatan daerah.

"Hal ini perlu menjadi perhatian dan fokus pemerintah agar tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan daerah saja, namun juga dapat menguntungkan jika bisa didistribusikan keluar sehingga bisa menjadi sumber PAD baru yang pemanfaatannya tidak hanya dirasakan daerah akan tetapi masyarakat secara keseluruhan," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru