Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lembaga Damang Punya Tugas Berat di Era Globalisasi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 Februari 2022 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengungkapkan bahwa lembaga damang memiliki tugas yang sangat berat di era globalisasi ini. 

Hal itu dikarenakan mudahnya pengaruh asing masuk ke Bumi Habaring Hurung ini. Sehingga, sedikit banyaknya akan berpengaruh terhadap lunturnya nilai-nilai adat dan istiadat serta budaya. 

"Itulah tugas berat lembaga kedamangan, untuk mempertahankan adat istiadat ini," ujar Halikinnor, Kamis, 24 Februari 2022. 

Saat ini era globalisasi sudah mulai masuk ke Kotim. Hal itu terlihat dengan berkurangnya rasa solidaritas, budaya gotong royong, rasa kekeluargaan, dan juga saling tolong menolong antar sesama. 

Hal tersebut terjadi karena tergerus oleh budaya yang tidak mencerminkan adat istiadat dan budaya di daerah ini. Sehingga hal itu harus dicegah dengan prinsip huma betang guna mengatasi pengaruh negatif tersebut. 

"Falsafah Huma Betang bukan hanya sekedar dipahami dan dijadikan semboyan, namun harus benar-benar diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat," harap Halikinnor.

Hal tersebut diungkapkan Halikinnor saat melantik Damang Kepala Adat Kecamatan Mentaya Hilir Utara dan Parenggean. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru