Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan UMKM di Kalteng Dinilai Perlu Perencanaan Matang

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Februari 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - UMKM merupakan salah satu sektor pendukung dalam menumbuhkan ekonomi di suatu wilayah di Indonesia termasuk Kalimantan Tengah. Oleh karena itu, sektor tersebut perlu terus dikembangkan.

Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Sudarsono mengatakan dalam pengembangan UMKM di Kalteng memerlukan perencanaan matang agar dapat lebih optimal, seperti salah satunya memerhatikan kondisi geografis wilayah, karena tidak semua jenis UMKM dapat diaplikasikan secara merata.

"Supaya pengembangan UMKM itu tidak asal-asalan harus ada perencanaan. Seperti memperhatikan kondisi geografis, sebab tidak semua jenis usaha dapat diaplikasikan di suatu wilayah. Contohnya kerajinan kulit, mungkin di Kalteng dari segi SDM ada, tapi dari segi bahan baku masih kekurangan," ucapnya, Minggu, 27 Februari 2022.

Dia menjelaskan, dalam perencanaan pengembangan UMKM bisa lebih optimal, pemerintah diharapkan untuk lebih memerhatikan kualitas dan kuantitas dari sumber daya manusia (SDM) yang menjadi pelaku UMKM tersebut.

Disebutkannya, SDM menjadi faktor penting, sebab pengembangan UMKM dibutuhkan inovasi dan kreativitas sehingga tidak harus selalu meniru usaha yang sudah ada. Tentu tidak hanya sebatas dukungan pelatihan maupun pembinaan yang diberikan namun fasilitas, sarana dan prasarana pendukung lainnya pun perlu diperhatikan oleh pemerintah.

"Yang kita lihat kemampuan SDM di Kalteng ini sudah tergolong baik,tapi memang masih cukup tertinggal dibanding daerah lain. Ini yang harus didorong. Selain itu, fasilitas dan sarana pendukungnya juga harus ada. Misalnya, jika ingin mengembangkan peternakan maka sediakan pakannya. Jika mengembangan sektor pertanian, perkebunan atau holtikultura maka sediakan bibit dan pupuknya," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru