Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Operasional PT ALS Dihentikan Sementara, Bupati Gunung Mas: Mereka Belum Realisasikan Kebun Plasma untuk Masyarakat

  • Oleh Riska Yulyana
  • 02 Maret 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong mengambil langkah tegas untuk menghentikan sementara operasional PT Agro Lestari Sentosa (ALS) sejak Jumat 25 Februari 2022.

"Saya menghentikan operasional PT ALS karena mereka belum merealisasikan pembangunan kebun plasma untuk masyarakat sekitar, sejak mereka berdiri di tahun 2005," kata Jaya S Monong, Rabu, 2 Maret 2022.

Dia akan mengizinkan PT ALS beroperasi kembali, usai perusahaan merealisasikan atau memberi 20 persen kebun plasma dari kebun inti yang dimiliki untuk warga sekitar.

Jaya menjelaskan tidak serta merta menghentikan operasional PT ALS tersebut. Pihaknya sudah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan PT ALS membicarakan terkait kebun plasma untuk masyarakat.

Pemkab Gunung Mas melakukan pertemuan pertama kali untuk membahas kebun plasma tersebut pada Kamis 14 November 2019, rapat kedua pada Sabtu 8 Agustus 2020, dan rapat ketiga pada Rabu, 23 Juni 2021.

Dari ketiga pertemuan tersebut, PT ALS belum juga membangun atau memberikan 20 persen dari kebun inti kepada warga. Karena itu, Bupati Gumas mengambil langkah tegas dan memberhentikan sementara operasional PT ALS, hingga mereka membangun kebun plasma untuk masyarakat.

Tidak hanya itu, Bupati Gumas berpesan pada PBS lain yang bergerak di bidang perkebunan untuk memenuhi kewajibannya membangun 20 persen kebun plasma untuk masyarakat sekitar.

"Kami menunggu pihak PT ALS datang menemui kami, guna membicarakan realisasi kebun plasma untuk masyarakat tersebut," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-11)

Berita Terbaru