Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Produk Perikanan Kalteng Miliki Sasaran Pasar Ekspor Sangat Luas

  • Oleh Nopri
  • 07 Maret 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Darliansjah mengatakan produk perikanan di provinsi setempat memiliki sasaran pasar ekspor yang sangat luas. Tidak hanya di wilayah Asia saja, namun juga hingga ke wilayah benua Eropa.

"Kita tahu potensi perikanan Kalimantan Tengah sangat beragam dan memiliki ciri khas tersendiri. Ini tentunya jika di ekspor target pasarnya akan sangat luas. Bukan hanya sekedar di pasarkan di dalam negeri, namum juga bisa di ekspor ke luar negeri," katanya, Senin 7 Maret 2022.

Jika melihat dari data, produk perikanan di Provinsi Kalimantan Tengah setiap tahun terus mengalami peningkatan, sehingga bila dikelola dengan baik tentunya akan berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian daerah.

"Untuk itu kita terus berupaya mendorong agar pelaku usaha perikanan dapat mengekspor produk perikanannya langsung dari wilayah Kalimantan Tengah. Karena, Dana Bagi Hasil (DBH) ekspor yang tercatat akan langsung atas nama daerah tersebut," jelasnya.

Selain mendorong pengelolaan ekspor sumber daya perikanan, pihaknya juga terus mendorong seluruh pemerintah kabupaten kota untuk dapat melakukan pemetaan potensi sumber daya ekspor di wilayahnya.

"Kuncinya bagaimana produk ekspor perikanan ini harus memenuhi syarat dan mampu memenuhi kebutuhan negara importir. Oleh karenanya nanti akan kita lakukan evaluasi berkala, apakah pemerintah di kabupaten kota sudah melakukan pemetaan potensi sumber daya perikanan dan kendala apa yang masih dialami," tutupnya. (NOPRI/B-11)

Berita Terbaru