Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Bawang di Sampit Naik, Pedagang: Masih Wajar

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 09 Maret 2022 - 10:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Harga bawang merah dan bawang putih di Sampit, Kotawaringin Timur masih mengalami kenaikan. Meski demikian pedagang menilai ini masih wajar. 

"Masih wajar saja, kecuali kalau harganya sampai Rp 50 ribu per kilogram itu yang tidak wajar. Dengan harga saat ini permintaan dari masyarakat masih normal tidak ada perubahan," kata Muhammad Junaidi, seorang pedagang, Rabu, 9 Maret 2022. 

Menurutnya kenaikan harga bawang merah dan putih ini masih terbilang wajar. Pasalnya kenaikannya belum mencapai harga Rp 50 ribu per kilo gram. 

Pantauan borneonews.co.id di Pasar Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, harga bawang merah naik menjadi Rp 40 ribu per kilo gram dari harga sebelumnya Rp 35 ribu per kilo gram. Sedangkan harga bawang putih Rp 35 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 26 ribu.

Lili, pedagang lainnya mengaku kenaikan harga bawang merah maupun putih tersebut terjadi sejak awal Maret 2022. Menurutnya, penyebab kenaikan harga dua kebutuhan dapur itu lantaran stok yang kurang di tingkat pedagang. 

"Selain itu kami beli dari distributor juga Naik, alasannya menjelang Ramadan. Makanya harga kami naikkan juga," katanya. 

Harga bawang merah dan putih ini bisa kembali normal jika ketersediaan stok pada distributor banyak. Namun dirinya belum dapat memastikan  itu akan terjadi. 

"Kita tunggu saja, kalau bawang merah dan putih datang dari Pulau Jawa dan Bima harga akan kembali turun. Kalau saat ini memang masih sedikit stoknya, makanya harganya naik," tutupnya. (USAY NOR RAHMAD/B-6)

Berita Terbaru