Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Minyak Goreng Kemasan Capai Rp 25 Ribu di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 18 Maret 2022 - 17:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Minyak goreng kemasan di Palangka Raya mengalami kenaikan harga yang signifikan setelah pemerintah mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET). Pemerintah memutuskan hanya mengatur harga minyak goreng curah sebesar Rp 14 ribu per liter dengan bantuan subsidi.

Berdasarkan pantauan di Pasar Besar Palangka Raya sejumlah minyak goreng kemasan kini naik rata-rata menjadi Rp 25 Ribu per liter. 

Padahal sebelum HET dicabut, harga minyak goreng kemasan masih berkisar antara Rp 16 Ribu per liter di pasar tradisional dan Rp 17-18 Ribu per liter di warung-warung kecil.

"Ya kalau kemarin sebelum ada info HET dan subsidi minyak goreng dicabut, harganya masih Rp 16 Ribu per liter. Sekarang kami mengikuti kebijakan pemerintah dengan harga Rp 25 ribu per liternya," kata Amat, salah seorang pedagang di Jalan Halmahera, Jumat 18 Maret 2022.

Ia mengakui jika menjual minyak goreng sesuai dengan kebijakan dari pemerintah yakni dengan memukul rata semua harga menjadi sama, dari berbagai merk dari yang terkenal hingga yang biasa.

Selain itu, stok minyak goreng dengan merk ternama seperti Bimoli, Sunco dan lainnya masih sangat sulit didapatkan. Kalaupun ada, biasanya menurut Amat, saling membeli antar pedagang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di tokonya.

"Distributor ini seminggu hanya 2 kali datang. Itupun dibatasi tidak boleh banyak. Itu juga sudah cukup bagus, tidak sampai benar-benar kosong minyak gorengnya di toko saya," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru