Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Sarankan Disdukcapil Jemput Bola Penuhi Hak Masyarakat

  • Oleh Donny Damara
  • 20 Maret 2022 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering menyarankan kepada Disdukcapil kabupaten dan kota yang ada di Kalteng supaya dapat melakukan aksi jemput bola untuk memenuhi hak masyarakat memperoleh dokumen kependudukan.

"Terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pelosok, karena memperoleh dokumen kependudukan ini merupakan hak setiap warga negara. Jadi, Disdukcapil harus bisa memberikan perhatian akan hal itu," ucap dia, Minggu, 20 Maret 2022.

Dijelaskannya, Provinsi Kalteng sendiri cukup luas dan penduduknya menyebar di berbagai wilayah, sehingga untuk menjangkau semuanya memerlukan langkah ekstra. Oleh karena itu, aksi jemput bola sangat perlu dilakukan agar penduduk di Kalteng dapat terdata di Disdukcapil.

Dia mengatakan, terlebih lagi menjelang pemilu serentak tahun 2024 mendatang, dokumen kependudukan terutama e-KTP sangat perlu dimiliki oleh masyarakat di Indonesia khususnya Kalteng sebab, itu merupakan salah satu syarat agar masyarakat bisa terdata dan masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"Jangan sampai mendata penduduk dilakukan setelah mendekati pemilu, semuanya harus dipersiapkan dari sekarang. Jika itu terjadi bukan tidak mungkin ada masyarakat yang tidak terdata," ujarnya.


Dirinya berharap, selagi ada waktu kurang lebih dalam dua tahun ini Disdukcapil kabupaten dan kota di Kalteng bisa terus berupaya mendata penduduk yang ada di provinsi ini dengan berbagai langkah dan program seperti halnya jemput bola. Sehingga, itu kedepannya dapat membantu mensukseskan pemilu serentak 2024.

"Semua pihak harus dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam rangka mensukseskan pemilu 2024 mendatang, yang kita ingin pesta demokrasi tersebut berjalan sukses dan lancar serta masyarakat yang memiliki hak untuk memilih dapat terdata dengan baik," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru