Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembukaan Car Free Day Langkah Tepat Pacu Sektor Perekonomian

  • Oleh Apriando
  • 20 Maret 2022 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Langkah Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam memacu sektor ekonomi di masa transisi ke endemi dinilai sudah tepat. Salah satunya adalah pembukaan kembali Car Free Day (CFD).

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Palangka Raya (UPR), Suprayitno menilai kebijakan tersebut bisa memacu perekonomian masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM).

"Tentu mereka sudah melakukan pertimbangan yang matang dalam mengantisipasi dampak yang ada," tuturnya. Minggu, 20 Maret 2022

Dengan adanya CFD, sektor ekonomi yang terpukul harapannya bisa bangkit perlahan dan para pelaku UMKM bisa eksis kembali. 

"Saya rasa sah saja dibuka, dengan catatan tetap menerapkan prokes secara ketat dan pengawasan dari pemerintah daerah juga harus optimal,"tambahnya.

Untuk menghadapi endemi, maka pemerintah harus terus mengupayakan agar program vaksinasi terus berjalan. Hal ini dilakukan meningkatkan Herd Immunity Community di masyarakat.

"Selain itu protokol kesehatan (Prokes) harus terus djalankan, jangan buru-buru dicabut agar dapat terkendali dengan baik," timpalnya.

Suprayitno juga meminta pemerintah untuk memperkuat pengawasan di berbagai sektor, mengingat Covid-19 tidak hanya berkaitan dengan kesehatan namun di aspek lain ada ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya.

"Jadi pemerintah harus benar-benar ketat dalam menegakan prokes, supaya kasus tidak kembali meningkat," pungkasnya. (APRIANDO/B-11)

Berita Terbaru