Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Ingatkan Gelombang Tinggi di Laut Jawa

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 22 Maret 2022 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, mengingatkan masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai nelayan agar waspada terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi di Laut Jawa.

"Waspada gelombang tinggi lebih dari 2,5 meter di perairan Selatan Jawa Timur, Samudra Hindia Selatan Jawa Timur," ungkap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi H Asan Sampit, Musuhanaya, Selasa, 22 Maret 2022.

Sedangkan untuk perairan Kalimantan Tengah bagian Timur, ketinggian gelombang 0,8 meter hingga 1,8 meter. Dengan kecepatan angin berkisar 07 knots hingga 18 knots dari arah Barat Laut menuju Utara.

"Prakiraan ini berlaku hingga 24 jam ke depan," katanya. 

Ketinggian gelombang seperti itu perlu diwaspadai. Terutama bagi nelayan dengan perahu kecil. Sebab dapat berpotensi bahaya apalagi bersamaan cuaca ekstrem. 

"Kotawaringin Timur kita masuk wilayah perairan Kalteng bagian Timur diperkirakan berpotensi hujan ringan," imbuhnya. 

Kondisi serupa juga terjadi di perairan Laut Jawa sekitar Laut Jawa Timur Masalembo, Laut Utara Jawa Bawean, dan Laut Jawa Barat Masalembo. 

Adanya peringatan dini ini hendaknya menjadi acuan bagi nelayan. Sehingga dapat menyimpulkan rencana melaut, untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. (USAY NOR RAHMAD/B-7)

Berita Terbaru