Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karhutla Terjadi di Kumai, Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Api

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 April 2022 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla terjadi di wilayah Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat, 1 April 2022. Musibah itu langsung direspon cepat oleh petugas gabungan. 

Mereka yang terdiri atas petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, KPHP, Polsek Kumai dan Masyarakat Peduli Api (MPA) menuju lokasi berikut melakukan pemadaman. Bahkan, mereka harus berjibaku sejak siang hingga malam. 

Kepala Pelaksana BPBD Syahruni menyampaikan, kebakaran lahan ini terjadi di Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai. "Jadi, titik hotspot atau kebakaran yang terjadi siang berhasil kita padamkan. Namun, malam muncul titik baru lagi di Desa Bakau juga, dengan kondisi tidak ada akses untuk armada bisa masuk ke titik api," ujar Syahruni.

Dia menuturkan, musibah itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Api dengan cepat membesar karena lahan yang terbakar itu semak belukar, alang- alang dan pepohonan.

Armada yang diturunkan oleh Tim Satgas Karhutla Kobar yakni 3 unit truk tangki, 5 unit mobil patroli, 4 unit motor trail, 2 unit mesin portable dan perlengkapannya. Api berhasil dipadamkan pada pukul 18.30 WIB.

"Pemadaman cukup sulit, karena sumber air nihil. Akibatnya, sekitar 30 hektar lahan hangus terbakar," tuturnya.

Namun, untuk yang pada malam hari, pihaknya belum bisa memberikan keterangan seberapa luas lahan yang terbakar. Dalam kesempatan tersebut, Syahruni kembali mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dengan cara dibakar. Sebab, dampaknya sangat luas. Selain itu, bagi pelaku juga bisa dipidana. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru