Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Apresiasi Program PEN di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 04 April 2022 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati mengapresiasi pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional atau PEN yang dilaksanakan pemerintah daerah setempat.

Dia mengatakan, pemerintah daerah mengalokasikan dana PEN untuk menggerakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Misalnya, beberapa kebijakan subsidi bunga pinjaman, restrukturisasi kredit, pemberian jaminan modal kerja dan insentif perpajakan bagi sektor UMKM.

"Pemerintah sudah menyadari betapa pentingnya UMKM untuk pertumbuhan ekonomi. Karena sejatinya UMKM perlu dibantu cepat, utamanya dalam hal kesempatan mendapatkan modal," katanya, Senin 4 April 2022.

UMKM perlu difasilitasi secara cepat, begitu ingin mendapatkan kesempatan atau begitu dapat peluang ingin mendapatkan modal. Karena hambatan utama sekarang di bisnis konvensional, modalnya itu adalah uang.

Legislator Fraksi Nasdem itu menuturkan secara nasional salah satu upaya pemerintah mendorong kebangkitan UMKM adalah dengan memberi dukungan sebesar Rp184 triliun.

Alokasi ini termasuk dalam program PEN yang total anggarannya mencapai Rp699 triliun pada 2021 yang artinya dana PEN memang difokuskan untuk UMKM atau hampir 20 persen lebih.

"Seperti yang kita ketahui UMKM berkontribusi 61,1 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan menyerap 97 persen dari total dari daya serap tenaga kerja dunia usaha," pungkasnya. (HENDRI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru