Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Dorong Peningkatan PAD Sarang Walet

  • Oleh Asprianta
  • 04 April 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) setempat akan terus berupaya melakukan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) terutamanya dari retribusi sarang burung walet.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pulpis Leting, saat dibintangi rekan media belum lama ini.

"Tentunya menjadi tanggung jawab kita untuk terus berupaya agar pengusaha sarang burung walet dapat berkontribusi dalam pembangunan Pulpis dengan cara memenuhi kewajibannya membayar retribusi sarangnya," ucap Leting.

Menjamurnya usaha sarang burung walet di Kabupaten Pulang Pisau tampaknya belum mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Pulang Pisau secara signifikan.

Bahkan kontribusi PAD dari sarang burung walet masih di bawang Rp50 juta per tahun.

“Untuk tahun 2021 lalu, realisasi PAD dari sarang burung walet yakni Rp44,9 juta,” kata Sekretaris Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Pulang Pisau Zulkadri.

Kendati demikian Zulkadri mengaku, realisasi PAD dari sarang burung walet itu telah melampaui target yang ditetapkan.

“Untuk target PAD sarang burung walet memang hanya Rp33 juta,” ungkap Zulkadri.

Ia mengungkapkan, realisasi PAD dari sarang burung walet sangat tergantung pada kejujuran pemilik usaha sarang burung walet.

Zulkadri juga mengatakan ada beberapa hal yang menjadi kendala dalam penarikan PAD sarang burung walet. Terutama dimasa pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu alasan pengusaha sarang burung walet

“Pemilik Gedung walet biasanya beralasan belum produksi atau produksinya masih sangat kecil. Kami juga tidak tahu berapa produksi mereka. Kendala lainnya, saat penarikan PAD pemilik tidak berada di tempat,” tambahnya.

Berita Terbaru