Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Transaksi QRIS di Kalteng Meningkat Tajam

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 April 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Yura Djalins menyampaikan kondisi terkini tahun 2022 mengenai pemanfaatan transaksi nontunai menggunakan Quick Response Indonesia Standar atau QRIS di Kalteng.

Termasuk peningkatan penggunaannya yang tajam dibandingkan tahun lalu. "Transaksi QRIS di Kalteng meningkat cukup tajam dibandingkan tahun lalu," kata Yura pada Senin, 4 April 2022.

Secara nominal dan volume transaksi, lanjut Yura, penggunaan QRIS tumbuh di atas 200% (yoy).

Sementara saat ini, merchant atau pedagang yang menggunakan QRIS di Kalteng menurut Yura berjumlah 102,27 ribu dengan pertumbuhan sebesar 144% (yoy).

"Hal ini menunjukkan inovasi pembayaran QRIS telah diterima dengan baik oleh masyarakat di Kalteng dan mulai menjadi pilihan bagi masyarakat untuk bertransaksi baik di tempat makan/minum, supermarket dan beberapa pasar, salah satunya di Pasar Kahayan," jelasnya.

QRIS sendiri merupakan standarisasi pembayaran digital di Indonesia dengan menggunakan QR Code yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia atau ASPI pada 17 Agustus 2019. Karenanya, meskipun penggunaannya terbilang baru, namun sudah ada peningkatan penggunaan dan transaksinya di Kalteng. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru