Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Halikinnor Harapkan Pemkab Kembali Raih Opini WTP dari BPK

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 April 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), berharap kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Kalteng.

"Sebelumnya, Pemkab Kotim sudah meraih 7 kali WTP. Kami harap tahun ini kembali meraih WTP yang ke-8," ujar Bupati Kotim Halikinnor, Senin, 4 April 2022.

Pemkab Kotim sendiri berharap agar prestasi tersebut bisa kembali dipertahankan. Karena, sebelumnya Kotim juga meraih penghargaan dari Menteri Keuangan, karena meraih 5 kali WTP berturut-turut.

"Hal tersebut tentunya bisa dicapai, jika pengelolaan keuangan kita bisa lebih baik. Sehingga seluruh SOPD harus cepat dalam menyampaikan laporan," terang Halikinnor.

Sementara, opini WTP sendiri menunjukkan bahwa pelaksanaan pemerintahan, khususnya pertanggungjawaban keuangan berjalan dengan baik. Tidak ada yang berimplikasi dengan hukum.

"Sehingga, jika sudah meraih opini WTP, maka pertanggungjawaban keuangan daerah kita sudah berjalan dengan baik sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi," kata Halikinnor.

Hal tersebut disampaikan oleh Halikinnor saat kegiatan pertemuan Pemkab Kotim dengan tim BPK RI pada pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2021, di rumah jabatan bupati.

Sementara Ketua Tim Pemeriksa dari BPK RI Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng), Dimas Septianto mengatakan, saat ini audit sedang berlangsung. Dan nantinya dapat diketahui ada temuan atau tidak, maupun hal yang perlu diperbaiki.

"Sementara ini hampir seluruh SOPD responnya sangat baik terhadap kami, data mudah kami dapat, dan saat cek fisik di lapangan juga ditemani oleh mereka," terang Dimas.

Dia berharap agar hal tersebut bisa dipertahankan. Terutama dalam penyusunan keuangan daerah agar terus lebih baik ke depannya. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru