Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Tamiang Layang Pamerkan Kerajinan dari Batok Kelapa Karya Warga Binaan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 06 April 2022 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Rutan Kelas IIB Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur menggelar One Day One Prison’s Product dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan atau HBP ke-58 tahun 2022 dengan memamerkan berbagai hasil kerajinan tangan warga binaan, Selasa, 5 April 2022.

Tampak berbagai kreasi warga binaan dari bahan batok kelapa tersusun rapi pada lemari kaca di depan penjaga pintu utama atau P2U Rutan Tamiang Layang agar mudah dilihat oleh khayalak ramai yang berminat untuk membeli.

Kepala Rutan Tamiang Layang, Surya Dharma mengatakan, One Day One Prison’s Product adalah suatu program yang sangat bagus untuk mendorong warga binaan agar dapat menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai jual.

"Ini dari internal rutan, Kepala Yantah (pelayanan tahanan) Pak Junaidi juga membeli hasil karya warga binaan berupa replika becak mini," ungkap Surya.

Junaidi sendiri menilai kerajinan tangan dari batok kelapa yang dibuat warga binaan, unik dan memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga cocok untuk dijadikan barang pajangan di rumah.

Selain dibimbing dan dibina, warga binaan Rutan Tamiang Layang juga diberdayakan agar memiliki kemampuan dalam menciptakan suatu produk atau jasa.

"Ketrampilan mereka ini dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian saat bebas dan kembali ke masyarakat nanti," kata Junaidi. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru