Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Damkar Palangka Raya Peragakan Cara Pakai Apar

  • Oleh Hendri
  • 07 April 2022 - 08:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kota Palangka Raya memperagakan cara pemakaian Alat Pemadam Api Ringan (Apar). Kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Rabu 6 April 2022.

Kepala Dinas Damkar Palangka Raya, Gloriana mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada aparatur kelurahan dan masyarakat setempat agar mampu menggunakan Apar dengan tepat dan benar sehingga bisa menanggulangi kebakaran dalam skala kecil.

"Kunci utama dari penanggulangan kebakaran dan pemadaman api adalah sikap tenang atau tidak panik dan usahakan fokus sambil perhatikan kondisi di sekitarnya," katanya.

Setelah presentasi materi selesai, dilanjutkan dengan praktek pemadaman kebakaran. Kegiatan praktek terbagi menjadi dua bagian utama yaitu pemadaman menggunakan peralatan tradisional dan pemadaman menggunakan Apar.

Sebelum memulai praktek, terlebih dulu disampaikan urutan langkah yang harus dilakukan oleh peserta dalam melakukan pemadaman kebakaran mengunakan berbagai macam alat tersebut.

Ia menjelaskan cara menggunakan apar dengan benar pertama, saat mencabut kunci pengaman yang perlu diperhatikan jangan menekan tuas atas dan bawah secara bersamaan. Hal ini akan membuat Pin atau kunci pengaman susah dilepas, karena pin tertekan.

Kedua, pegang bagian ujung selang dan jangan sekali-kali menekan bagian tengah atau pangkal selang karena akan mengakibatkan media tidak terarah dengan baik.

Ketiga, mengarahkan selang tepat ke sumber api untuk mempercepat proses pemadaman. Kesalahan yang sering dilakukan, pengguna mengarahkan ke bagian atas sumber api atau ditembakkan di bagian lidah apinya, sehingga kebakaran lama padam, bahkan risiko terburuk api tidak padam.

Langkah keempat tekan tuas (katup) bagian atas sepenuhnya. Menekan tuas secara penuh akan lebih cepat mengeluarkan seluruh isi media alat pemadam kebakaran.

"Kemudian arahkan dari satu sisi ke sisi lainnya dan ini dilakukan agar merata dan kebakaran dapat dipadamkan dengan segera," tutupnya. (HENDRI/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru