Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UMKM Lokal Berdaya Saing Global Percepat Pertumbuhan Ekonomi

  • Oleh Nopri
  • 11 April 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, terus mendorong pemerintah kabupaten kota untuk menciptakan Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal berdaya saing global, guna mempercepat pertumbuhan perekonomian.

"Dukungan pemerintah untuk meningkatkan daya saing UMKM dilakukan melalui pemberian insentif fiskal dan non fiskal, kemudahan izin berusaha, sertifikasi, dukungan promosi, informasi pasar ekspor, dan kemudahan akses pasar, serta dukungan permodalan," katanya, Senin 11 April 2022.

Menurutnya, dalam mewujudkan UMKM berdaya saing, diperlukan peran aktif seluruh komponen baik pemerintah, para pakar, dan stekolder terkait lainnya. Selain itu para pelaku UMKM juga perlu untuk berinovasi dalam memproduksi barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan pasar global.

"Kontribusi UMKM pada ekspor produk lokal, akan memiliki banyak dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian Kalimantan Tengah. UMKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah. Selain itu, UMKM juga dapat menyerap banyak tenaga kerja yang masih menganggur," ujarnya.

Dirinya berharap, agar ke depannya UMKM di seluruh wilayah Kalimantan Tengah siap bersaing secara global, serta adaptif pada perkembangan zaman terutama ditengah pesatnya perkembangan era digital saat ini.

"Untuk itu saya meminta seluruh pelaku usaha termasuk UMKM setempat dapat lebih mengoptimalkan lagi pemanfaatan sumber daya alam untuk diolah menjadi produk-produk unggulan lokal sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi daerah yang mampu masuk dalam pasar internasional," tutupnya. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru