Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Sosialisasi Wajib Bayar Pajak Digencarkan

  • Oleh Donny Damara
  • 14 April 2022 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta kepada pemda maupun instansi agar dapat menggencarkan sosialisasi wajib membayar pajak kepada masyarakat terutama pajak kendaraan bermotor.

Duwel mengatakan sosialisasi wajib membayar pajak khususnya kendaraan bermotor sangat perlu dilakukan mengingat saat ini masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor baik roda 2 maupun 4 di Kalteng terus mengalami peningkatan.

"Tentu selain meningkatkan pelayanan di Samsat, sosialisasi juga perlu digencarkan agar masyarakat bisa taat membayar pajak, karena pajak ini merupakan salah satu sumber PAD yang gunanya untuk pembangunan," katanya, Kamis 14 April 2022.

Saat ini tidak bisa dipungkiri masih banyak di antara masyarakat yang masih belum taat untuk membayar pajak kendaraan bermotornya terutama yang tinggal di wilayah perdesaan. Hal itu karena diakibat berbagai hal yang menjadi kendala seperti sulitnya akses menuju pusat pelayanan pembayaran pajak.

Oleh karenanya hal itu perlu ada solusi agar masyarakat bisa taat membayar pajak, misalnya seperti membuka pelayanan pembayaran pajak di setiap kecamatan atau menggencarkan mobil samsat keliling hingga wilayah perdesaan.

"Jarak yang jauh antara desa tempat tinggal dengan pusat pelayanan pembayaran pajak maupun akses seperti jalan yang rusak menjadi kendala masyarakat dalam membayar pajak, jadi hal ini perlu ada solusi khsusunya dari pihak Samsat," ujarnya.

Dia menyebut PAD sektor pajak sangat penting terus digali dalam rangka meningkatakan APBD provinsi, maupun kabupaten dan kota di Kalteng, terlebih selama pandemi berlangsung dana yang berasal dari APBD banyak dialihkan untuk penanganan Covid-19, sehingga potensi yang ada itu supaya dapat kembali dimaksimalkan.

"Jika potensi PAD digali secara maksimal otomatis APBD juga akan meningkat, nah anggaran inilah yang nantinya dipergunakan kembali untuk pembangunan daerah, jadi penting bagi kita bersama memperhatikan hal ini," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru