Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendiri Bank Sampah Mentari Barito Timur Terima Penghargaan Hari Kartini Tingkat Nasional

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 April 2022 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Gusti Wirdaningsih, pendiri Bank Sampah Mentari di Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur menerima Piagam Penghargaan Peringatan Hari Kartini 2022 dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju atau OASE-KIM yang dibina oleh Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo, Kamis, 21 April 2022.

Penghargaan tersebut diterima bersama Perempuan Berjasa dan Berprestasi lainnya di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia. Wirdaningsih sendiri menerima penghargaan atas jasanya di bidang lingkungan hidup melalui pengelolaan Bank Sampah Mentari.

Penyerahan piagam penghargaan dilakukan pada Puncak Peringatan Hari Kartini Tingkat Nasional Tahun 2022 yang digelar terpusat dari Istana Negara dan dipimpin langsung oleh Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo didampingi Hj Wury Estu Maaruf Amin serta dihadiri secara virtual oleh penerima penghargaan di daerah masing-masing.

Peringatan Hari Kartini Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan di aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng dengan dipimpin oleh Wakil Gubernur Edy Pratowo.

Dalam sambutannya, kepada seluruh perempuan dari 14 kabupaten/kota di Kalteng yang menerima penghargaan dari OASE Edy Pratowo menyampaikan ucapan selamat dan sukses.

“Momentum Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 ini dijadikan modal kebangkitan kaum perempuan dalam membangun bangsa dan negara," ujarnya.

Edy menambahkan, bagi perempuan yang mendapat penghargaan, ini merupakan sebuah karya dan prestasi yang ditunjukan untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

“Saya ucapkan selamat kepada kaum perempuan, Kartini-Kartini yang ada seluruh kabupaten/kota se-Kalteng. Terus berjuang, sesuai pesan dari Ibu Iriana, tidak ada kata berhenti untuk selalu berkreasi, berprestasi dan berinovasi," ujarnya.

Menurut Edy, perempuan-perempuan saat ini sudah bisa mensejajarkan diri dengan kaum pria dalam berkontribusi membangun negara. Hal Ini sejalan dengan kebijakan Pemrov Kalteng yang telah menerapkan kesetaraan gender.

“Pemprov Kalteng juga telah menunjukan akan adaanya kesejajaran perempuan, contohnya ASN di Kalteng, banyak perempuan yng menempati posisi-posisi penting sebagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah. Ini merupakan salah satu kepercayaan bahwa perempuan mampu menjadi leader dalam sebuah organisasi. Tidak harus laki-laki," jelasnya.

Ke depan, lanjut Edy, peningkatan kesetaraan gender merupakan salah satu program untuk memberikan nilai dan dampak yang baik bagi pembangunan.

"Peran perempuan sekarang ini bukan hanya sebagai ibu rumah tangga saja, tetapi bisa berperan aktif di bidang-bidang lainnya," tandasnya.

Berita Terbaru