Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol dan FBN Kota Palangka Raya Sosialisasikan Bela Negara

  • Oleh Donny Damara
  • 23 April 2022 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Forum Bela Negara (FBN) Kota Palangka Raya menggelar sosialisasi bela negara di Kecamatan Bukit Batu.

Tujuan sosialisasi untuk memperkuat rasa nasionalisme dan semangat patriotisme warga negara, sebab meski saat ini kondisi keamanan negara tergolong kondusif, hal itu penting untuk terus dipupuk.

"Salah satu bentuk wujud nyata bela negara yang bisa dilakukan oleh kita semua yaitu mewujudkan rasa cinta pada tanah air, oleh karenanya sosialisasi itu penting," kata Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kota Palangka Raya, Nining, Sabtu 23 April 2022.

Dia mengungkapkan banyak cara untuk mengimplementasikan semangat bela negara di zaman saat ini. "Seperti sikap tolong-menolong, peduli, membantu pemerintah mencegah sebaran Covid-19, memerangi narkoba dan lain-lain," ujarnya.

Ketua FBN Kota Palangka Raya, Mambang I Tubil mengatakan bela negara merupakan tindakan warga negara dalam menjaga kedaulatan negara terhadap berbagai ancaman. Makna penting bela negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

"Pada hakikatnya kesadaran bela negara dijaman saat ini muncul dari hati nurani, prilaku dan sikap individu masing-masing. Terutama ditengah berbagai ancaman pada bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan negara," tuturnya.

Sementara Camat Bukit Batu, Hendrikus S Budi menyebut pentingnya memperkuat rasa bela negara. Terlebih mengahadapi ancaman dan tantangan revolusi industri 4.0 seperti saat ini.

"Kita harus waspada terhadap ancaman mindset moral ideologi bangsa, budaya, dan jati diri bangsa dari budaya asing yang semakin tidak terbendung, maka dari itu kita apresisasi adanya sosialisasi bela negara tersebut," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru