Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Karhutla, Dewan Ingatkan Seluruh Daerah Persiapkan Fasilitas Damkar

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Mei 2022 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Guna untuk mengantisipasi karhutla yang kerap kali terjadi pada saat musim kemarau, Amaka nggota DPRD Kalteng, Achmad Amur mengingatkan setiap daerah khususnya yang ada di provinsi ini supaya mempersiapkan fasilitas pemadam kebakaran (Damkar) dengan baik.

Sebab berdasarkan informasi tahun ini diperkirakan akan ada musim kemarau panjang yang melanda beberapa wilayah di Indonesia dan kemungkinan besar Kalteng juga salah satu daerah tersebut.

"Meski belum secara pasti, tapi pihak terkait harus tetap waspada dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk menghadapi musim kemarau. Saat ini juga dalam beberapa hari terakhir cuaca sudah mulai sangat panas," ucapnya, Minggau 1 Mei 2022.

Dia mengatakan sebelum musim kemarau itu benar-benar terjadi maka sudah seharusnya setiap daerah waspada dan diharapkan semua peralatan pemadaman siap pakai untuk memadamkan api ketika terjadi karhutla.

Diharapkan juga supaya pemprov dan pemkab di Kalteng agar senantiasa memperkuat koordinasi dengan pemerintah pusat terutama terkait bantuan alat damkar tambahan bagi daerah guna untuk mengantisipasi karhutla jika terjadi dalam skala besar.

"Apabila ada koordinasi pasti pemerintah pusat bersedia membantu. Karena memang jika terjadi kebaran dengan skala besar maka akan ada kabut asap, inilah yang jadi masalah bersama. Nah setiap daerah harus aktif dalam hal ini supaya nantinya tidak terjadi kabut asap khususnya di Kalteng ketika musim kemarau itu tiba," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru