Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nelayan Cempaka Baru Danau Sembuluh Butuh Bendungan Penangkap Ikan

  • Oleh ANTARA
  • 07 Mei 2022 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang  - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah M Aswin meminta Dinas Perikanan setempat membuat bendungan penangkap ikan di Danau Pepudak, untuk membantu masyarakat, khususnya nelayan di Desa Cempaka Baru.

"Keberadaan bendungan ini sangat bagus untuk meningkatkan hasil perikanan di wilayah setempat. Dengan begitu, perekonomian masyarakat juga meningkat," kata Aswin di Kuala Pembuang, Sabtu.

Dia mengatakan bendungan yang diusulkan oleh masyarakat Desa Cempaka Baru, Kecamatan Danau Sembuluh berfungsi untuk menangkap ikan, yakni dengan cara kerja ikan bisa masuk ke bendungan yang dibuat, tetapi tidak bisa keluar, sehingga akan lebih efektif untuk menangkap ikan

"Usulan pembuatan bendungan di Danau Pepudak yang ada di desa setempat, karena kalau mereka lihat danau tersebut sangat strategis untuk dibuatkan bendungan. Jadi, fungsi dari bendungan tersebut untuk menangkap atau menjebak ikan,” ujarnya.

Ia menjelaskan usulan yang diaspirasikan oleh masyarakat desa setempat menarik untuk ditindaklanjuti, karena berpotensi untuk meningkatkan hasil tangkapan para nelayan. Selama hal tersebut tidak merusak ekosistem perairan, tidak ada salahnya untuk dicoba. Inovasi dan kreativitas nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan memang sangat diperlukan dan Pemkab Seruyan hendaknya mendukung ide-ide kreatif yang mereka miliki.

"Kalau memang itu bagus dan tidak merusak ekosistem, harus kita dorong. Sebab, inovasi juga diperlukan agar hasil tangkapan para nelayan kita maksimal dan berdampak terhadap kesejahteraan mereka," kata Aswin.

Politikus Partai Demokrat itu menambahkan pihaknya berharap perusahaan besar swasta (PBS) perkebunan kelapa sawit sekitar bisa memberikan kontribusi dalam membantu para nelayan setempat, seperti melalui program tanggung jawab sosial (CSR) di bidang perikanan.

ANTARA

Berita Terbaru