Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5 Desa di Kecamatan Dusun Timur Masuk Kategori Desa Maju

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 10 Mei 2022 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Lima di antara 16 desa di Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur masuk dalam kategori desa maju berdasarkan Indeks Desa Membangun atau IDM. IDM merupakan indeks komposit atau gabungan yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi atau lingkungan.

"Yang nilai IDM-nya tertinggi Desa Jaar sekaligus peraih nilai tertinggi di Kabupaten Barito Timur, kemudian Desa Matabu, Magantis, Jaweten dan Desa Haringen. Sedangkan 11 desa lainnya masuk kategori desa berkembang," ungkap Camat dari Dusun Timur, Ristanto Pratomo di Tamiang Layang, Selasa, 10 Mei 2022.

Dia menjelaskan, desa maju adalah desa yang memiliki IDM kurang dari atau sama dengan 0,8155 dan lebih besar dari 0,7072. Desa maju memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, kualitas hidup manusia dan menanggulangi kemiskinan.

"Desa Jaar nanti kita akan persiapkan menjadi desa mandiri sesuai dengan rekomendasi-rekomendasi IDM," imbuh Ristanto.

Desa mandiri, jelasnya, adalah desa maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.


"Jadi nanti mungkin Desa Jaar yang akan menjadi desa mandiri pertama di Barito Timur," kata Camat.

Karena itu Ristanto mengajak pemerintah desa untuk mengubah pola pikir tentang pembangunan di desa dan tidak mempertahankan status desa sebagai desa tertinggal demi mendapatkan anggaran pembangunan yang lebih besar.

"Kita malu kalau sekarang masih ada desa tertinggal karena sudah banyak pemerintah mengucurkan Dana Desa serta memberikan kita kewenangan untuk membangun desa, jangan lagi kita berlomba-lomba menjadi desa tertinggal," ujarnya.

Camat meminta pemerintah desa juga menunjukkan kinerja yang baik kepada masyarakat sebagai bukti kesungguhan membangun desa sehingga terus mengalami peningkatan klasifikasi atau kategori IDM.

"Jadi dari desa sangat tertinggal meningkat menjadi desa tertinggal, kemudian meningkat menjadi desa berkembang, lalu menjadi desa maju, kemudian meningkat lagi menjadi desa mandiri, harusnya seperti itu," tandasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru