Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mei Ini masih ada Curah Hujan di Atas Normal di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Mei 2022 - 22:51 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Robby menyebut jika di bulan Mei 2022 ini wilayahnya masih ada curah hujan di atas normal.

"Memang ramalan BMKG untuk dasarian di bulan Mei 2022 ini masih akan terjadi curah hujan yang di atas normal, meski prakiraan tahunan kita ini sebenarnya curah hujannya di bawah normal," sebutnya, Selasa 10 Mei 2022.

Dia menyebutkan kondisi itu dinilai semacam transisi perubahan yang di atas normal ke yang di bawah normal. "Jadi masih mungkin terjadi hujan-hujan dalam beberapa hari je depanm terutama wilayah Kabupaten Katingan," tuturnya.

Robby mengatakan berdasarkan informasi terakhir pihaknya pada Minggu 8 Mei 2022 di wilayah Kecamatan Petak Malai ada curah hujan cukup tinggi. "Ini juga kita dapat melihat di Sampit, Palangka Raya terutama Buntok Barito Selatan ada wilayah desa di wilayah itu terjasi banjir," ungkapnya.

Di bagian Utara wilayah Kalimantan masih memungkinkan terjadi curah hujan di atas normal. "Tetap harus diwaspadai oleh masyarakat, karena kebiasaan  tertentu masyarakat menghitung harinya biasanya bulan Mei nenuju Juni itu adalah musim kemarau, jadi biasanya banyak yang bercocok tanam di lahan rendah dan ini perlu kewaspadaan masyarakat," ujar Robby.

Namun wilayah Katingan sejauh ini kondisi cuaca masih normal dan ini dapat dilihat kondisi Sungai Katingan yang hingga saat ini belum meluap meski ada peningkatan debit air. (ABDUL GOFUR/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru