Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Imbauan BPBD Katingan kepada Masyarakat di Bantaran Sungai

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Mei 2022 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Robby mengimbau masyarakat, terutama yang bermukim di bantaran sungai agar selalu berhati-hati saat melaksanakan aktivitas.

"Kebiasaan masyarakat disaat permukaan air Sungai Katingan turun melakukan aktivitas misalnya bermain di pinggir sungai ataupun mandi-mandi, padahal itu membahayakan," katanya, Rabu 11Mei 2022.

Pasalnya tidak jarang saat kondisi air mulai menyurut banyak perubahan yang terjadi di dasar sungai. Misalnya ada bagian yang dalam, ada pula bagian yang tertimbun baru dan lainnya. Biasanya perubahan itu selalu terjadi setelah adanya hujan.

"Kita mengharapkan kepada masyarakat tidak main-main di gosong (tanah atau pasir yang muncul), terutama anak kecil yang belum bisa berenang, sebab dikhawatirkan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," sebutnya.

Sebab dimungkin arus sungai dapat lebih kuat karena saat ini curah hujan di wilayah Katingan masih cukup tinggi. "Kita berharap ini juga menjadi perhatian dan kewaspadaan untuk orang tua untuk tidak membiarkan anak bermain di aliran sungai.

Robby juga menuturkan jika pihaknya turut berbelasungkawa atas meninggalnya dua warga Desa Talingke, Kecamatan Tasik Payawan yang tenggelam di Sungai Katingan tiga hari setelah lebaran kemarin. 

"Sebetulnya tim dari BPBD begitu mendapat laporan orang tenggelam di Talingke saat itu sudah bersiap berangkat ke lokasi, namun kemudian dapat kabar kalau korban sudah ditemukan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru