Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Daerah di Kalteng Perlu Maksimalkan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Mei 2022 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengatakan, seluruh daerah di Kalteng melalui samsat masing-masing perlu memaksimalkan pemungutan pajak kendaraan bermotor.

Menurutnya, pajak kendaraan bermotor memiliki peran penting dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), di mana pendapatan itu nantinya diperuntuhkan untuk pembangunan daerah.

"Nilai dari pajak kendaraan bermotor dari seluruh wilayah di Kalteng ini cukup besar, jadi ini perlu dimaksimalkan, sehingga dapat berdampak pada peningkatan PAD," katanya, Rabu, 11 Mei 2022.

Dijelaskannya, apabila sektor perpajakan ini tidak dimaksimalkan maka akan berdampak pada terbatasnya pendapatan yang dihasilkan daerah, dan itu tentu berpengaruh terhadap lambatnya pembangunan.

Oleh karena itu, supaya pendapatan dari sektor tersebut dapat berjalan maksimal maka perlu ada langkah atau terobosan yang dilakukan guna menarik minat masyarakat wajib pajak agar taat membayar pajak kendaraan bermotor yang dimiliki.

"Seperti contohnya memberikan kemudahan administrasi, menerapkan program penghapusan denda atau menguatkan pelayanan prima di samsat. Sehingga, masyarakat bisa taat membayar pajak setiap tahunnya," sebutnya.

Dia mengungkapkan, di beberapa daerah di Kalteng masih banyak tunggakan pajak kendaraan bermotor yang nilainya fantastis, contohnya di Sampit yang merupakan salah satu wilayah dengan pemungutan pajak kendaraan bermotor terbesar di Kalteng.

"Dari informasi yang kita dapatkan kalau tidak salah tunggakan pajak kendaraan bermotor di Sampit itu mencapai Rp98,93 miliar dari tahun 2017 - 2021. Inilah bukti bahwa belum maksimalnya pemungutan pajak kendaraan bermotor di daerah,:

"Harapan kita, ini jangan sampai terus terjadi karena daerah akan rugi. Jadi dalam hal pemungutan pajak ini perlu lebih dimaksimalkan lagi supaya PAD juga bisa meningkat," tutupnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru