Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalteng: Setiap Potensi Harus Bisa Digali

  • Oleh Donny Damara
  • 13 Mei 2022 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menyebut ketahanan pangan kini sudah menjadi bagian dari ketahanan nasional.

Oleh karenanya, hingga sampai saat ini, Pemprov Kalteng terus berupaya menggali berbagai potensi baik pertanian, perikanan dan peternakan yang bisa menjadikan provinsi ini sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

"Kita di Kalteng ini memiliki banyak potensi di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan. Maka dari itu, kita berkomitmen setiap potensi tersebut harus bisa digali dengan maksimal," tuturnya, Jumat, 13 Mei 2022.

Dia mengungkapkan, saat ini, Kalteng tengah menjalankan program strategis nasional food estate. Dia berharap, program pemerintah pusat ini bisa berjalan baik dan sukses.

Selain itu, pemprov juga tengah berupaya mengembangkan shrimp estate atau budi daya udang vaname di Kabupaten Sukamara. Sebagian sudah jalan, tapi sebagainnya lagi masih dalam tahap pembangunan.

"Tidak hanya di Sukamara, budi daya udang vaname juga akan kita bangun di beberapa Kabupaten yang memiliki potensi salah satunya Kotim," bebernya.

Selanjutnya, komitmen pemanfaatan atau pengembangan potensi itu juga, pemprov beberapa waktu lalu telah melakukan penandatanaganan MoU kerja sama dengan Pemprov Bali.

Salah satu yang masuk dalam kerja sama itu yakni pada sektor peternakan. Pemprov akan mencoba mengembangkan Sapi Bali di Kalteng untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di daerah.

"Harapan kita tentunya melalui berbagai upaya yang dilakukan ini Kalteng sebagai salah satu penyangga atau lumbung pangan nasional bisa terwujud," tuturnya.

"Kita juga berharap semua pihak mendukung hal tersebut agar bisa memberikan manfaat positif bagi perkembangan dan kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru