Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Ton Sampah dari Esk Pasar Tembaga Indah Dibersihkan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 Mei 2022 - 23:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masalah sampah di eks Pasar Tembaga Indah, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan yang kerap dikeluahkan warga setempat telah dilakukan pembersihan, puluhan ton sampah diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Translik, Sabtu 14 Mei 2022.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) DLH Kobar Muhammad Suhendra mengungkapkan pembersihan tumpukan sampah di eks Pasar Tembaga Indah Pangkalan Bun dilakukan kerja sama dengan Kelurahan Baru.

"Pembersihan dengan menggunakan alat berat, dan sampah yang diangkut mencapai sebanyak 11 rit dump truk, jadi total keseluruhan hampir 55 ton sampah telah diangkut menuju TPA," katanya Suhendra kepada Borneonews.

Pasca dilakukan pembersihan dan atas kesepakatan warga setempat, maka lokasi tersebut dilarang untuk dijadikan tempat pembuangan sampah.

"Permintaan warga setempat minta ditutup, jadi warga tidak boleh lagi membuang sampah ke Eks Pasar Tembaga Indah. Mereka juga akan memasang halangan atau pagar di pintu masuknya dan mereka jaga," jelasnya.

Kemudian untuk melayani tempat pembuangan sampah warga setempat, rencananya akan dipasang Kontainer Sampah 1 unit di sekitaran Bundaran Tudung Saji.

"Untuk terkait kepastian lokasinya masih menunggu hasil koordinasi bersama Lurah Baru, RT atau pemuka warga," imbuhnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru