Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KUA Tamban Catur dan Puskesmas Tamban Baru Jalin Kerja Sama Cek Kesehatan Catin

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Mei 2022 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tamban Catur menjalin kerjasama dengan UPT Puskesmas Tamban Baru berkaitan dengan pemeriksaan kesehatan calon pengantin atau catin.

Kepala KUA Kecamatan Tamban Catur Herry Muliadi, menyambut baik kedatangan tim puskesmas kesehatan dan siap mendukung program pemerintah melalui Puskesmas Tamban Baru dan siap melaksanakan kerja sama bersama ini.

“Kami mendukung penuh program ini baik pelaksanaaan cek kesehatan pranikah dan sesudah menikah serta bersama-sama memberikan edukasi kesehatan baik di KUA maupun di Puskesmas," kata Herry, Kamis 19 Mei 2022.

Selain itu, lanjut dia program ini juga memberikan kesehatan kepada Catin sebelum menikah karena catin harus sehat jasmani dan rohani, sehingga bisa mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah.

"Terimakasih atas kunjungan dari UPT Puskesmas Tamban Catur Baru semoga MoU ini berkelanjutan dan bisa memberikan pelayanan yang tebaik untuk masyarakat terutama kepada Catin yang menikah di wilayah Kecamatan Tamban Catur," ucapnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Tamban Baru Benny Wewengkang didampingi tim menjelaskan MoU ini nantinya bertujuan memberikan pemeriksaan menyeluruh dan pemberian imunisasi TT (Tetanus Toksoid) bagi Catin perempuan dan akan dilanjutkan imunisasi lanjutan setelah menikah.

“Cek kesehatan menyeluruh dan suntik TT ini penting diberikan terutama kepada catin perempuan untuk mencegah infeksi penyebab tetanus baik ketika malam pertama maupun saat melahirkan nanti," tuturnya.

Seluruh pemeriksaan dan pemberian imunisasi dilakukan dipuskesmas, karenanya dilaksanakan MoU bersama KUA Kecamatan Tamban Catur untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sesuai dengan Kepres Nomor 12 Tahun 2020 dalam hal pelayanan masyarakat.

"Termasuk pelayanan kesehatan reproduksi calon pengantin, guna mempersiapkan kehamilan sehat yg melahirkan generasi penerus yg sehat dan menciptakan keluarga sehat, sejahtera dan berkualitas," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru