Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TAPD Harus Bisa Atur Anggaran Jelang Pilkada

  • Oleh Naco
  • 25 Mei 2022 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) harus  pandai mengatur anggaran menjelang pemilihan kepala daerah.

Hal itu ditegaskan Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur,  Rimbun,  mengingat persiapan pemilu kepala daerah (pilkada) 2024 harus dipersiapkan secara matang dan sejak awal, termasuk masalah kesiapan anggarannya.  

"Saya meminta kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk merumuskan kebijakan anggaran kedepannya dengan tidak mengorbankan program pembangunan sebagaimana yang sudah dijanjikan pasangan Harati tersebut," tegasnya.

Menurutnya semuanya harus lebih awal supaya masalah anggaran tidak sampai jadi kendala. Selain pilkada, juga ada pemilu legislatif dan pemilihan presiden.

"Kita pilah juga mana yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten dan mana yang bisa dibantu pemerintah provinsi dan pusat," kata Rimbun.

Berdasarkan rapat awal Komisi I dengan KPU dan instansi terkait, kebutuhan anggaran pemilu 2024 meningkat dibanding pemilu 2019. Salah satunya disebabkan dinaikkannya insentif petugas ad hoc pelaksana pemilu. 

Untuk itulah Rimbun mewanti-wanti masalah anggaran ini benar-benar menjadi perhatian. Dia berharap tidak sampai muncul masalah terkait ketersediaan anggaran pemilu serentak 2024 nanti. 

Seharusnya kata dia anggarannya sudah ada karena tahapan mulai berjalan. Anggaran diupayakan di APBD Perubahan, tapi lebih baik mulai sekarang supaya tidak mengganggu agenda KPU dalam persiapan dan tahapan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru