Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus DBD di Pujon Meningkat, Dinkes Kapuas Lakukan Penanggulangan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 30 Mei 2022 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Puskesmas Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah mengalami peningkatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas melakukan peningkatan.

Berdasarkan data yang dirilis Dinkes Kapuas pada bulan April dan bulan Mei 2022 telah terjadi peningkatan kasus DBD di wilayah Puskesmas Pujon, yaitu di Desa Kayu Bulan sebanyak 1 orang  penderita, Desa Tapen 3 orang kasus dan di Pujon sebanyak 11 orang serta Desa Bajuh 2 orang kasus.

Dari laporan surveilance puskesmas dan hasil penyelidikan epidemiologi, maka beberapa waktu lalu, Dinkes bekerjasama dengan Puskesmas Pujon dan lintas sektor tingkat Kecamatan Kapuas Tengah melakukan pertemuan dilanjutkan dengan pengasapan atau fogging mencegah nyamuk Aedes Aygypti.

"Kemudian juga dilakukan penyuluhan dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di desa-desa tersebut," kata Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Tri Setya Utami, Senin, 30 Mei 2022.

Adapun, lanjut dia beberapa hal yang dapat mencegah penyebaran DBD yang perlu diperhatikan masyarakat diantaranya menguras tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali atau menutupnya rapat-rapat.

Kemudian mengubur barang bekas yang dapat menampung air, menaburkan racun pembasmi jentik (abatisasi) serta memelihara ikan maupun cara-cara lain membasmi jentik. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru