Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Rapat Persiapan Penelitian Alur Pelayaran di Sungai Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Juni 2022 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perhubungan atau Dishub Kabupaten Kapuas menggelar pertemuan atau rapat dengan pihak terkait, persiapan dalam mendukung rencana penelitian alur pelayaran di Sungai Kapuas, bertempat di Aula Bappeda Kapuas, Kamis siang, 2 Juni 2022.

Dalam rapat ini dihadiri dari Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng, TNI-Al, Distrik Navigasi Banjarmasin, KSOP Pulang Pisau, dan beberapa perangkat daerah terkait di Kabupaten Kapuas.

"Pertemuan ini dalam rangka kita mendukung kegiatan penelitian terhadap alur pelayaran," kata Kepala Dishub Kapuas, Vitrianson seusai kegiatan.

Menurut dia alur pelayaran ini sangat berguna bagi Kabupaten Kapuas dalam rangka mendukung Pemkab Kapuas menggali potensi pendapatan asli daerah untuk finansial itu yang sangat diharapkan. 

"Dari penelitian ini akan menghasilkan peta dikeluarkan oleh TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pushidrosal untuk menetapkan kelas alur pelayaran yang ditetapkan oleh pihak Kementerian Perhubungan, sehingga alur pelayaran ini dinyatakan aman untuk pelayaran internasional," jelasnya.

Potensi Kabupaten Kapuas ini memiliki sumber daya alam, tetapi selalu mengalir atau melewati ke sungai yang memang ada untuk bisa dilayari.

"Kami berharap dengan adanya penelitian ini nantinya, sebagian potensi sumber daya alam yang melewati sungai lain akan bisa melewati sungai Kapuas. Dan ini secara prinsip akan bisa sebagai multiplier efek untuk kegiatan ekonomi masyarakat selanjutnya," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia ini juga ada keterkaitan dengan bagaimana pelabuhan Batanjung yang selama ini belum operasional bisa operasional kembali.

"Dan kita berharap ini bisa terwujud dan kita dukung penelitian ini akan berjalan sesuai dengan agenda atau rencana yang mereka susun," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru