Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usai Pembanguan ICU Anak, RSUD Pulang Pisau Benahi Ruang Operasi

  • Oleh Asprianta
  • 06 Juni 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulang Pisau (Pulpis) terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Di awal tahun 2022, RSUD Pulang Pisau sedang melakukan pembangunan gedung untuk ruang ICU anak dan ibu.

"Selesai pembangunan ICU anak dan ibu, kami akan melakukan pembenahan ruangan operasi agar lebih maksimal lagi," kata Direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Pulpis dr Muliyanto Budihardjo.

Mul sapaan akrab Direktur BLUD RSUD Pulpis itu mengungkapkan, penyiapan layanan ICU anak tidak hanya bangunan saja. Namun juga dengan peralatannya, walaupun tidak banyak dan dilakukan secara bertahap. Itu semua dari Kementerian Kesehatan.

“Tahun ini kami melakukan pembangun ICU anak dan Ibu. Untuk ICU, kami sudah membuat perencanaan dan mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan. Nanti untuk ICU bayi yang standar di Kalteng ada di Pulang Pisau," kata Direktur BLUD RSUD Pulang Pisau dr Muliyanto Budihardjo.

Menurutnya, keberadaan ICU anak itu sangat penting untuk pelayanan kesehatan, khususnya pada anak, karena selama ini jika ada bayi atau anak yang harus mendapat penanganan di ICU bayi harus dibawa ke RS Ulin Banjarmasin.

“Ini sekaligus untuk menekan kematian bayi. Misalnya ada bayi yang lahir dan lahir ada penyakit penyerta harus ditangani di ICU bayi,” tegasnya.

Selain ICU, Pihaknya juga tengah pembangunan pembangunan ruangan Hemodialisa. Bahkan, pihaknya sudah membuat KSO (kerja sama operasional) dengan pihak ketiga terkait pelayanan hemodialisa tersebut.

“Penyiapan pelayanan Hemodialisa ini juga sangat penting. Karena pasien dari Pulang Pisau yang cuci darah dan harus antre. Belum lagi perjalanan yang jauh," tambah Mul. 

Dengan adanya Hemodialisa di RSUD Pulang Pisau akan sangat membantu pasien dari Pulang Pisau yang ingin melakukan cuci darah. Sehingga pasien dari Pulang Pisau tidak DO jauh-jauh ke Palangka Raya untuk melakukan cuci darah. 

Dengan adanya Hemodialisa di RSUD Pulang Pisau akan sangat membantu pasien dari Pulang Pisau yang ingin melakukan cuci darah. Sehingga pasien dari Pulang Pisau tidak perlu jauh-jauh ke Palangka Raya untuk melakukan cuci darah.

"Untuk pelayanan tersebut, Kami punya 3 dokter spesialis penyakit dalam. Kenapa tidak kami kami manfaatkan mereka untuk memberi pelayanan Hemodialisa. Kedepan kami akan melakukan penambahan untuk SDM di RSUD Pulpis,” tutupnya. (ang)

Berita Terbaru