Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishutbun Kalteng: Perlahan Harga TBS Mulai Naik

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 07 Juni 2022 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Perkebunan (Disbun) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyampaikan perlahan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit mulai merambat naik.

Hal itu berdasarkan data penetapan harga yang telah disepakati bersama baik dari asosiasi petani maupun asosiasi perusahaan sawit dalam beberapa waktu terakhir.

“Ini ada kenaikan dari kemarin Rp1.800 kemudian Rp1.900, kini sudah mulai bagus di Rp2.900 paling tidak sudah mulai optimal,” kata Plt Kepala Disbun Kalteng, Rizky R Badjuri, di Palangka Raya, Selasa 7 Juni 2022.

Ia berharap dengan segera berakhirnya polemik minyak goreng dan masalah lain, gudang tanki minyak mentah atau Crude Palm Oil (CPO) serta bisa ekspor harga stabil optimal di Rp3.300 sampai Rp3.500.

Rizky mengakui untuk sementara perusahaan masih belum bisa optimal dalam pembelian TBS, sejak penutupan dan dibukanya kembali keran ekspor.

“Ekspor tidak bisa langsung karena ada beberapa bahan pokok yang harus dipastikan pemenuhan di dalam negeri terutama minyak goreng,” sebut dia.

Sedangkan terkait aturan ekspor oleh Kementerian Perdagangan RI (Kemendagri) pihaknya tidak bisa berbicara banyak. Kebanyakan aturan tersebut berada diranah Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin). 

“Jika bicara hulu hilir, Disbun berada dipanen. Tapi untuk suplai (ekspor) bukan di Disdagperin. Berbicara provinsi juga nyangkut ke nasional. Harapan di Disbun Provinsi, terutama harapan pak gubernur agar petani petani bisa sejahtera cuman itu,” tandasnya. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru