Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Imbau Masyarakat Beri Jawaban Jujur pada Sensus Penduduk

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Juni 2022 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengimbau masyarakat agar memberikan jawaban yang benar, jujur dan apa adanya pada pelaksanaan sensus penduduk atau SP2020 Lanjutan yang dilaksanakan tahun ini yang sedang berlangsung hingga 30 Juni 2022.

Imbauan Bupati tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Panahan Moetar pada acara sosialisasi SP2020 Lanjutan dan pencanangan program Desa Cantik di Barito Timur, Kamis, 9 Juni 2022.

"Saya menghimbau seluruh warga masyarakat untuk ikut berpartisipasi dengan cara memberikan respon yang baik dan memberikan jawaban yang benar, jujur dan apa adanya pada pelaksanaan SP2020 Lanjutan," tutur Panahan membacakan sambutan dan pengarahan Bupati Barito Timur.

Menurut Bupati, salah satu data strategis yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan pembangunan adalah data kependudukan. Data kependudukan dapat mengambarkan kekuatan dan potensi suatu wilayah, serta bermanfaat dalam perencanaan dan evaluasi kebijakan pembangunan.

"Namun persoalan data kependudukan yang sering kita temui adalah pengelolaan data itu sendiri. Kementerian Dalam Negeri - dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di daerah - memiliki data penduduk dari catatan administrasi. Sedangkan BPS (Badan Pusat Statistik) memiliki data kependudukan dari pendataan penduduk melalui sensus," kata Bupati.

Oleh karena pentingnya data kependudukan untuk pembangunan, maka pengelolaan data kependudukan harus dilakukan secara cermat dan terintegrasi.

Pada pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang lalu telah menghasilkan data dasar kependudukan seperti jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk menurut kelompok umur dan jenis kelamin. Kemudian pelaksanaan SP2020 Lanjutan ini akan memenuhi kebutuhan data terkait parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk menghasilkan indikator SDGs dan RPJMN di bidang kependudukan.

"Mengingat tujuan penting yang ingin dicapai dari SP2020 Lanjutan, pemerintah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Kemenpan RB memberikan dukungan melalui SE Nomor 14/2022 tentang dukungan pelaksanaan long form Sensus Penduduk 2020 dan partisipasi aktif ASN," ungkap Bupati.

Dalam hal ini, lanjut dia, Pemkab Barito Timur juga telah memberikan dukungan atas pelaksanaan SP2020 Lanjutan.

"Dukungan tersebut berupa video yang berisi himbauan dan ajakan saya selaku Bupati Barito Timur kepada seluruh masyarakat Barito Timur untuk berpartisipasi aktif dan mendukung SP2020 Lanjutan," jelas Bupati.

Acara sosialisasi SP2020 Lanjutan dan pencanangan program Desa Cantik juga dihadiri oleh Kepala BPS Kabupaten Barito Timur dan Wakapolres Barito Timur. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru