Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Punya Tim Percepatan P3DN

  • Oleh Hendri
  • 09 Juni 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya mempunyai tim percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Tim ini diketuai oleh Sekda, Hera Nurgahayu dan Ketua hariannya adalah Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM, dan Perindustrian.

Hera menjelaskan pembentukan tim P3DN merupakan tindak lanjut pertemuan dengan Presiden serta kepala daerah seluruh Indonesia yang dilaksanakan di Bali pada Maret lalu yang membahas tentang peningkatan P3DN.

"Hari ini adalah rapat terkait sosialisasi implementasi pengadaan barang milik daerah dapat dioptimalkan lagi untuk menggunakan produk dalam negeri bahkan jika memadai bisa produk lokal Kalteng," katanya, Kamis 9 Juni 2022.

Dia menyebut ada 5 tujuan dibentuknya tim P3DN ini, pertama, meningkatkan produksi dalam negeri. Kedua, meningkatkan kesempatan kerja. Ketiga, meningkatkan utilisasi nasional yang pada akhirnya mengutamakan efisiensi industri, sehingga mampu bersaing di pasar dunia.

Keempat, meningkatkan devisa negara dan kelima, mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri melalui pengoptimalan belanja daerah berupa barang dan jasa yang digunakan perangkat kerja daerah maupun untuk umum.

“Dengan adanya tim P3DN ini maka nantinya semua belanja daerah mensyaratkan atau mewajibkan minimal 40 persennya bahan bakunya adalah produk dalam negeri," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru