Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Sapi di Palangka Raya Paling Murah Rp17 Juta

  • Oleh Hendri
  • 15 Juni 2022 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Umat Islam di seluruh dunia sebentar lagi akan menyambut datangnya hari Raya Iduladha. Seperti biasa, bagi yang berkecukupan biasanya mulai mencari hewan untuk berkurban. Ada berbagai hewan yang dapat dikurbankan, misalnya kambing, domba, sapi, kerbau hingga unta. Namun umumnya, sapi dan kambing.

Di tengah merebaknya penyakit mulut dan kuku belakangan ini menyebabkan harga hewan kurban seperti sapi mengalami kenaikan. Khusus di Palangka Raya, harga sapi paling murah Rp17 juta dan paling mahal Rp54 juta.

"Sekarang ribet mekanismenya, operasionalnya juga banyak. Harganya memang dari sananya sudah naik ada selisihnya Rp2 juta dari kemarin sebelumnya," kata Kasirin, seorang pedagang sapi di Jalan Mahir Mahar, Rabu, 15 Juni 2022.

Dia menuturkan, sapi bali miliknya didatangkan dari Kupang, Nusa Tenggara Timur dan sudah melalui prosedur yang diberlakukan pemerintah. Seperti karantina di Banjarmasin selama 1 minggu untuk dipastikan sehat dari penyakit mulut dan kuku yang menyerang sapi akhir-akhir ini.

Sementara itu, Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono mengatakan, saat ini, hewan kurban dalam kondisi sehat berjumlah 1.182 ekor yang tersebar di 16 lokasi.

Stok hewan kurban sebanyak ini terdiri atas 10.10 ekor sapi dan 172 ekor kambing. Hewan kurban ini sebagian didatangkan dari Pangkoh, Bali, Kupang, Sulawesi dan dari peternak lokal setempat.

Sementara penjualannya ada di Jalan Mahir Mahar, Jalan Sudirman, Jalan Tjilik Riwut Km 9, Jalan Rajawali Km 5, Jalan Tingang, Jalan Ramin, Jalan RTA Milono, Jalan G Obos, Jalan Tjilik Riwut Km 16 dan Kelurahan Kalampangan. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru