Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Tertib Administrasi Kependudukan

  • Oleh Donny Damara
  • 16 Juni 2022 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh meminta kepada masyarakat terutama yang berada di wilayah pinggiran maupun terpencil supaya bisa tertib terhadap administrasi kependudukan.

Administrasi kependudukan yang dimaksud yakni seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) juga Kartu Keluarga (KK) sehingga ketika ada pendataan dari pemerintah akan lebih mudah jika sudah memiliki semua itu.

"Biasanya administrasi kependudukan ini digunakan sebagai syarat ketika mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan berbagai macam hal, dan juga tertib administrasi tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah," kata dia, Kamis, 16 Juni 2022.

Farida berharap jangan sampai warga masyarakat khususnya Kalteng tidak tertib terhadap administrasi kependudukan ini. Pasalnya, hal itu juga tujuannya untuk membantu masyarakat mempermudah berbagai urusan seperti mendapatkan bantuan dari pemerintah dan lain-lain.

"Jadi banyak sekali manfaat dari administrasi kependudukan ini, jika masyarakat tidak memilikinya maka berbagai urusan akan terhambat, sehingga kita harap masyarakat tidak abai terhadap hal itu dan segera mengurusnya bagi yang belum memiliki," jelasnya.

Di sisi lain, ketika ada program jemput bola dari dinas terkait dalam hal ini Disdukcapil untuk memberikan kemudahan dalam mengurus administrasi kependudukan hingga menyasar wilayah pinggiran maupun terpencil, ada baiknya masyarakat mendukung hal tersebut dan memanfaatkan dengan baik.

"Jika ada program seperti itu jangan dilewatkan, manfaatkan dengan baik karena pemerintah sudah memberikan kemudahan jadi masyarakat harus turut mendukung," ujarnya.

Dia menyebut, saat ini dalam mengurus administrasi kependudukan seperti membuat KTP dan juga KK sudah semakin mudah dan tidak perlu lagi menunggu waktu lama, ditambah lagi ada program jemput bola di mana petugas datang langsung kerumah-rumah warga.

"Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi masyarakat tidak melengkapi administrasi kependudukannya, ayo kita bersama-sama mensukseskan program pemerintah demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan bermartabat," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru